E-Business


Tugas e-bissiness
1). Apa yg dimksde dg EAI, sebutkan pula keuntungan dan kekurangannya !
            Jawab: Enterprise Application Integration (EAI) adalah proses program aplikasi komputer perusahaan untuk meningkatkan fungsionalitas dan kinerja.
-Keuntungan EAI
·         Akses informasi antar sistem secara real-time
·         Merampingkan proses bisnis dan membantu meningkatkan efisiensiorganisasi
·         Menjaga integritas informasi di beberapa system
·         Kemudahan pembangunan dan pemeliharaan
·         Organisasi berkembang, kesatuan suatu sistem dari semua bagian dalam perusahaan akan membuat semua bagian dapat dengan cepat berkembang dibandingkan dengan suatu organisasi yang sistemnya tidak terintegrasi.
·         Meningkatkan efisiensi, efisiensi yaitu sesuatu yang berhubungan dengan biaya, jadi keefisienan akan membantu mengurangi biaya-biaya yang tidak perlu dikeluarkan dengan adanya EAI.
·         Meningkatkan kepuasan pelanggan, tentu saja dengan sudahnya berkembangnya suatu organisasi, efisien, dan mungkin juga dengan pelayanan yang cepat maka pastilah akan mempengaruhi kepuasan pelanggan yang tentu saja akan membuat loyalitas dari pelanggan bagi perusahaan.
-Kekurangan EAI
·         Tinggi biaya pengembangan awal, terutama untuk usaha kecil dan menengah (UKM)
·         Memerlukan desain bisnis yang cukup di awal, yang mana banyak manajer tidak dapat membayangkan atau tidak mau berinvestasi.

2). Sebutkan manfaat e-bussiness dlm suatu organisasi!
            Jawab: Manfaat E-Business bagi Organisasi :
·         Memperluas pasar hingga mencakup pasar nasional dan pasar global, sehingga perusahaan bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, memilih pemasok terbaik, dan menjalin relasi dengan mitra bisnis yang dinilai paling cocok.
·         Menekan biaya, menyusun, memproses, mendistribusikan, menyimpan, dan mengakses informasi berbasis kertas (paper-based information).
·         Memungkinkan perusahaan mewujudkan bisnis yang sangat terspesialisasi. Contohnya : www.dogtoys.com, www.cattoys.com, dan www.pawprintbooks.com
·         Menekan biaya sediaan dan overhead dengan cara memfasilitasi manajemen rantai nilai bertipe 'pull', yang prosesnya berawal dari pesanan pelanggan dan menggunakan pemanufakturan Just-In-Time(JIT).
·         Memungkinkan perusahaan untuk menerapkan mass customization terhadap produk dan jasanya.
·         Menekan waktu antara pembayaran dan penerimaan produk/jasa.
·         Meningkatkan produktivitas karyawan melalui rekayasa ulang proses bisnis.
·         Menekan biaya telekomunikasi.
·         Manfaat-manfaat lainnya, seperti citra yang lebih baik, layanan pelanggan yang lebih bagus, proses yang lebih sederhana, mitra bisnis baru, waktu siklus dan pengiriman yang lebih singkat, akses terhadap informasi yang lebih luas, biaya transportasi yang lebih murah, dan fleksibilitas yang lebih tinggi.

3). Apa saja tugas dan bentuk sebuah sistem informasi bisnniss!
            Jawab: Tugas dari informasi bisnis adalah untuk  penggunaan dan pengembangan sisteminformasi yang efektif dalam organisasi bisnis untuk mencapaia tujuan bisnis. Bentuk-bentuk dari sistem informasi bisnis antara lain seperti E-commerce

4). Sebutkan manfaat e-bissines bagi konsumen.!
            Jawab: Bagi Customer
• Memungkinkan konsumen berbelanja atau melakukan transaksi lainnya setiap saat (24 jam sehari) dan dari hampir semua lokasi.
• Memberikan pilihan produk dan pemasok yang lebih banyak kepada pelanggan.
• Memungkinkan konsumen dalam mendapatkan produk dan jasa yang lebih murah, karena konsumen bias berbelanja di banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
• Dalam beberapa kasus, terutama produk yang terdigitalisasi, e-business memungkinkan pengiriman produk secara cepat dan real-time.
• Memungkinkan pelanggan untuk berpartisipasi dalam lelang virtual.
• Memungkinkan pelanggan berinteraksi dengan pelanggan lainnya dalam electronic communities dan saling bertukar gagasan serta pengalaman.
• Memfasilitasi kompetisi yang mengarah pada diskon substansial bagi pelanggan.

5).sebutkan komponen-komponen e-bussinnes!
            Jawab: Komponen-komponennya dalam sebuah perusahaan yang bergerak menjadi E-Business adalah adanya Teknologi Informasi (TI); PC sebagai workstation, RDBMS sebagai database server dan internet, yang tentunya ditunjang pula oleh komponen-komponen lainnya seperti Human Reosurce, adanya komitmen dari Top Management untuk mengaplikasikan dan implementasikannya.

6). Jelaskan empat peran "four intermediaries" dalam business ?
            Jawab: Mendukung para pembeli dalam mengidentifikasi kebutuhan mereka dan dalam menemukan penjual dan barang-barang yang paling cocok bagi mereka.
Menyediakan cara yang efektif dalam upaya saling bertukar informasi antara penjual dan pembeli
Memfasilitasi terjadinya transaksi-transaksi bisnis.
Membantu dalam dukungan setelah penjualan (after sales service)

7). Salah satu topik pembahasan dalam e-business adalah Supplay Chain manajemen yang disingkat dengan SCM., jelaskan apa yang kalian ketahui ttng SCM!
            Jawab: Supply Chain Management adalah pengelolaan dan pengawasan rantai siklus, mulai dari aliran material/ barang mentah, pembayaran, informasi dari pemasok ke produsen, ke pedagang grosir hingga pengecer sampai konsumen.

8). Berikan contoh real bahwa e-business ternyata merubah proses pemasaran yang sebelumnya dilakukan konvensional beralih ke model digital!
            Jawab: Dengan semakin berkembang dan banyaknya aplikasi penjualan dan pembelian yang ada, sehingga manusia tidak perlu pergi keluar rumah untuk mencari barang yang akan mereka beli, tinggal duduk santai dirumah barang datang kerumah.

Komentar